Tanda-Tanda AC Mobil Butuh Perhatian

Mobil apa sih yang hari gini nggak menyediakan AC di dalam kabinnya? Banyak produsen mobil menjadikan AC alias Air Conditioner sebagai fitur standar. Walau sudah menjadi fitur standar, nyatanya banyak orang yang tak tahu cara merawat AC mobil. 

Pada artikel ini, Oto24 mau bagi-bagi tips dan trik tanda-tanda AC mobil kamu butuh belaian dan perhatian. 

Tanda-Tanda AC Mobil Butuh Perhatian

Tentu kita semua tahu, AC berfungsi memberikan udara sejuk di dalam kabin mobil. Membayangkan di tempat tertutup seperti kabin mobil tanpa AC, ah rasanya sulit sekali untuk membayangkannya. 

Suhu yang sejuk dari AC punya dampak positif lho untuk pengemudi. AC yang sejuk bisa memberikan pengalaman berkendara terbaik. 

Sedangkan dari sisi penumpang, suhu AC yang sejuk memberikan pengalaman perjalanan yang menyenangkan. 

Selayaknya benda buatan manusia, AC juga bisa rusak. Kadang AC di mobil kesayanganmu mengalami penurunan kinerja, sehingga butuh perhatian khusus. 

Berikut tanda-tanda AC mobil bermasalah: 

1. AC Tidak Dingin

Tanda-tanda pertama AC mobilmu butuh perhatian adalah AC mobil terasa tidak dingin. Ketika AC mobil terasa nggak dingin lagi, waspadalah, mungkin AC mobilmu sudah saatnya “ditengok”. 

2. AC Berbunyi Berisik

Tanda AC mobilmu butuh perhatian selanjutnya adalah ketika mengeluarkan bunyi yang berisik. Bebunyian ini tentu sangat tidak nyaman di telinga, karena memang bukan musik yang bisa menghiburmu. 

Jika AC mengeluarkan suara berisik atau apapun itu yang nggak wajar, hal ini bisa menjadi penanda sedang terjadi masalah pada komponen internal AC mobil. 

3. Bau Tak Sedap

Jika AC mengeluarkan bau tak sedap atau apek, jangan langsung mengganti pengharum mobilmu. Bisa jadi yang salah bukan pengharum mobil, tapi memang AC yang bermasalah. 

Munculnya bau tak sedap lagi apek dari AC bisa menjadi pertanda bahwa filter atau sistem pendinginan perlu dibersihkan. 

4. Kondensasi Berlebihan

Jika terjadi kondesasi atau aliran air yang mengalir ke dalam kendaraan, bisa jadi terdapat masalah serius pada sistem pembuangan air AC. Hati- hati, hal ini bisa menyebabkan kelembaban berlebih di dalam mobil yang bisa merusak komponen interior juga menjadi tempat pertumbuhan jamur dan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan.

5. Filter AC yang Kotor

Bukan cuma filter AC rumah, filter AC mobil juga perlu perawatan rutin. Karena jika tidak rutin dibersihkan, angin yang keluar jadi tidak bersih dan menyegarkan, sehingga mengurangi performa AC. 

6. Kebocoran Sistem AC

Salah satu kendala serius yang harus jadi perhatian ketika terjadi kebocoran pada sistem AC. Hal ini bisa mengakibatkan kinerja AC jadi tidak maksimal. 

Pada intinya, performa AC kudu diperhatikan betul-betul nih oleh pemilik kendaraan. Siapa juga yang mau bepergian kalau AC bermasalah kan? Nah, lebih perhatian lagi yuk sama komponen AC mobilmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *