Penyebab Jamur di Kaca Mobil

Kaca mobil adalah bagian penting dalam sebuah mobil. Demi keamanan dan kenyamanan selama berkendara, sangat penting untuk menjaga kebersihan kaca mobil. Salah satunya dari jamur yang sering menempel di kaca mobil. Memangnya, apa penyebab jamur di kaca mobil? Bagaimana cara membersihkannya? Temukan jawabannya di artikel ini. 

Penyebab Jamur di Kaca Mobil

Kaca mobil rentan berjamur bila sering diparkir di tempat yang lembab. Akan lebih parah jika mobil tersebut jarang digunakan. 

Jamur di kaca mobil bisa muncul jika kaca mobil tak segera dibersihkan setelah terkena air hujan. Bekas air hujan bisa bikin  pengembunan dan pengembunan di kaca mobil berisiko menimbulkan jamur. 

Jika jamur muncul di kaca mobilmu, alangkah baiknya untuk segera membersihkannya. Hal tersebut karena jamur bisa dengan cepat berkembang biak dan dikhawatirkan menyebar ke bagian lain mobil. 

Cara Membersihkan Jamur di Kaca Mobil

Berikut adalah cara membersihkan jamur di kaca mobil yang bisa kamu lakukan: 

1. Gunakan Alkohol Kadar 50-90%

Alkohol selama ini sering digunakan sebagai cairan pembersih. Termasuk untuk membersihkan kaca mobil dari jamur. Ingat, buat membersihkan kaca mobil, ya, bukan untuk diminum. 

Caranya, gunakan kain lembut dan basahi dengan cairan alkohol, lalu gosokkan ke kaca mobil. Ingat, gosok perlahan dan secara lembut, agar kaca mobil tidak tergores. 

2. Minuman Bersoda

Air soda juga bisa digunakan untuk membersihkan jamur di kaca mobil. Caranya bersihkan kaca mobil dengan kain kering terlebih dahulu. Setelah itu, basahi kain lembut dengan air soda dan gosokkan ke kaca mobil. 

Gosok beberapa kali hingga jamur hilang. Agar tidak mengundang semut, sebaiknya gunakan air soda yang tidak mengandung gula. 

3. Gunakan Pasta Gigi

Pasta gigi juga bisa untuk menghilangkan jamur di kaca mobil, lho. Caranya dengan mengoleskan pasta gigi secukupnya di bagian kaca yang berjamur, lalu tunggu hingga kering. 

Kemudian bilas dengan air bersih sambil menggosok kaca dengan kain lembut hingga jamur menghilang. 

4. Pemutih Pakaian

Pemutih pakaian juga bisa digunakan untuk menghilangkan jamur di kaca mobil, lho. Caranya cukup mudah. Pertama, basahi kain lembut dengan pemutih secukupnya. Kemudian, gosokkan pada kaca mobil hingga bersih. 

Jangan menekan kaca terlalu keras agar kaca mobil kesayanganmu tidak tergores. 

Itulah tadi penyebab jamur di kaca mobil dan cara membersihkannya. Hindari parkir di tempat gelap sebagai pencegahan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *