Penjualan Mobil Subaru Melejit, Sedan BRZ Jadi Idaman

Subari Indonesia bisa tersenyum lebar dengan catatan penjualan mobilnya. Penjualan mobil Subaru di tanah air melejit drastis selama 2023 dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya. Peningkatan penjualannya pun tak main-main, bisa naik hingga 343 persen year on year (yoy). 

Subaru Indonesia sendiri tak menyangka jika mobilnya mendapat permintaan cukup tinggi di kalangan konsumen Indonesia. Pihak Subaru tak ingin membeberkan lebih detail mengenai angka penjualannya. Lantas apa yang membuat mobil merek Jepang ini berhasil melesatkan penjualannya di tanah air?

Mobil Subaru BRZ Jadi Rebutan di Indonesia

Ada berbagai varian mobil Subaru yang dipasarkan di Indonesia. Memang tidak semua model mobilnya berhasil menggaet banyak peminat. Torehan penjualan tinggi selama 2023 disebut berkat tiga model utama, yang salah satunya Subaru BRZ. 

“Kalau tiga besarnya ada Crosstrek di nomor satu, BRZ nomor dua dan nomor tiga ada Forester. Hasil ini membuat kami dan Subaru Jepang surprise,” tutur Ismail Ashlan selaku General Manager Marketing dan Public Relation Subaru Indonesia.

Subaru Indonesia Tak Menyangka Mobilnya Laku Keras

Meski sedang percaya diri dan bahagia karena angka penjualan yang positif, namun pihak Subaru Indonesia mengaku terkejut. Mereka tak menyangka bahwa Subaru BRZ mampu mendapat tempat di hati konsumen Indonesia. 

Data penjualan Subaru BRZ di tanah air cukup menarik perhatian, jika dibandingkan dengan distribusi di negara lain. Mobil sedan mewah ini tak pernah masuk jajaran tiga besar penjualan tertinggi di negara lain. Di Amerika Serikat (AS) yang notabene salah satu pasar terbesarnya, mobil Subaru BRZ hanya tembus di posisi kelima. 

“Subaru Jepang surprise karena BRZ nggak pernah tiga besar di semua negara. Hanya di Indonesia yang masuk tiga besar. Biasanya itu volume maker-nya ada SUV, di Indonesia malah sport coupe,” tutur Ismail Ashlan.

Harga Terjangkau Bikin Konsumen Kepincut Subaru BRZ

Pertanyaanya, apa yang membuat banyak konsumen Indonesia mengincar Subaru BRZ? Subaru Indonesia mengatakan bahwa BRZ menjadi salah satu kontributor utama di negara ini. 

Meski termasuk mobil premium, sedan BRZ menawarkan harga yang terjangkau dengan spesifikasi dan fitur unggulan. Subaru BRZ bisa dibawa pulang dari harga mulai Rp845 jutaan dengan status on the road Jakarta. 

“Logikanya adalah Subaru BRZ menjadi satu-satunya yang bisa kasih value di segmen sport car. Value dalam arti produk ke harga,” kata Ismail Ashlan.

Strategi Subaru Genjot Penjualan di Tahun Depan

Meningkatnya penjualan mobil Subaru di tahun 2023 menunjukkan makin banyak orang yang melirik mobil asal negara sakura ini. Selain membawa harapan dan surprise, pencapaian tersebut juga memberi PR bagi Subaru untuk memikirkan strategi pemasaran ke depannya. 

CEO Subaru Indonesia, Arie Christopher, mengungkapkan dirinya senang dengan catatan membanggakan tersebut. Meski bisa lebih pede menatap persaingan pasar otomotif, namun pihaknya juga tak langsung cepat puas dengan angka penjualan tesebut. 

Arie Christopher menyampaikan pihaknya terus menyusun strategi untuk meningkatkan penjualan di tahun 2024. Untuk mendorong penjualan, Subaru Indonesia akan menerapkan dua pendekatan utama berkaitan dengan motorsport dan adventure

“Hal ini memperlihatkan minat yang sangat tinggi terhadap produk Subaru di tengah berbagai tantangan dan perubahan landscape industri di Tanah Air. Untuk mempertahankan momentum tersebut, kami akan memperkuat dua pilar utama, yakni kegiatan motorsport dan outdoor adventure,” kata Arie.

Itulah kabar membahagiakan dari Subaru yang sukses meraup penjualan tinggi di tahun lalu. Tengah berada di atas angin persaingan pasar otomotif, Subaru langsung tancap gas awal tahun ini. Pihaknya mengatakan penjualan Subaru bisa naik 58 persen pada kuartal pertama dibanding tahun sebelumnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *