Mobil Listrik Baru Xiaomi SU7 Bisa Dipesan Akhir Bulan Ini, Cek Spesifikasinya

Penantian para penggemar mobil listrik akhirnya terjawab sudah. Setelah menunggu dari akhir tahun lalu, Xiaomi SU7 sudah bisa dipesan pada akhir bulan ini. Konsumen yang ingin membeli mobil listrik dari China ini bisa melakukan pre-order mulai 28 Maret 2024. 

Mobil listrik Xiaomi SU7 sebenarnya sudah diluncurkan sejak Desember 2023. Xiaomi SU7 masuk jajaran mobil listrik baru yang kedatangannya dinantikan oleh para pecinta electric vehicle (EV). Namun bagi para konsumen di Indonesia harap bersabar karena belum ada info kapan dibuka pemesanannya di tanah air. 

Pemesanan Xiaomi SU7 baru akan tersedia di 59 dealer di China. Dealer-dealer yang menjual mobil listrik tersebut tersebar di 29 kota di negeri panda. Meski masih harus menunggu lebih lama, mari kita intip lebih dulu spesifikasi Xiaomi SU7 ini. 

Spesifikasi Xiaomi SU7

Pembuatan Xiaomi SU7 mulai dikembangkan sejak tahun 2020. Mobil listrik ini dirancang khusus oleh Li Tianyun yang pernah membuat desain mobil-mobil BMW. Xiaomi SU7 dihadirkan sebagai model sedan sporty yang diberi sentuhan futuristik pada beberapa bagian. 

Aerodinamika Tingkat Tinggi

Jika dilihat secara sepintas, Xiaomi SU7 ini tampak seperti perpaduan antara Porsche Taycan Turbon dengan mobil Tesla Model 3 dan S. Mobil listrik ini disebut punya aerodinamika tingkat tinggi. Mobil ini mampu bergerak dengan gesit karena memiliki koefisien drag hanya 0,195 Cd. 

Ukuran koefisiensi drag tersebut jauh lebih rendah dibandingkan mobil listrik lain yang sudah diproduksi. Namun perlu diingat bahwa angka tersebut dihitung tanpa keberadaan LiDAR. Sebagai informasi, Light Detection and Ranging (LiDAR) adalah teknologi untuk mengukur jarak antara mobil dengan objek di sekitarnya. 

Dimensi Mobil

Dari segi dimensi, Xiaomi SU7 memiliki panjang 4.997 mm, lebar 1963 mm, dan tinggi 1.455 mm. Mobil listrik ini juga dirancang dengan sumbu roda 3.000 mm. Sementara untuk daya tampungnya, mobil ini memiliki bagasi besar berkapasitas hingga 517 liter. 

Menghadirkan Dua Varian Berbeda

Xiaomi SU7 menawarkan dua varian berbeda, yaitu model standard dan Max. Untuk varian standarnya, mobil ini dibekali dengan mesin V6. Penggerak roda belakang mobil ini sanggup mengeluarkan tenaga maksimum 220 Kw dan torsi 400 Nm. Dengan spesifikasi tersebut, mobil ini dapat melaju dari nol ke 100 kpj hanya dalam waktu 5,2 detik. 

Harga Mobil Listrik Xiaomi SU7

Sampai saat ini belum ada info resmi mengenai harga mobil listrik Xiaomi SU7. Harga mobil ini kemungkinan baru akan diumumkan saat masa pemesanan perdananya yakni pada 28 Maret nanti. 

Namun sudah terdengar rumor yang menyebut Xiaomi SU7 ditawarkan dengan harga terjangkau. Dari kabar yang beredar, harga mobil ini bahkan akan di bawah produk-produk lain di kelasnya. Chief Executive Officer (CEO) Xiaomi, Lei Jun, membeberkan bocoran harga mobil ini ketika acara pengenalan Xiaomi SU7 di China. 

“Berhentilah menebak-nebak. Mobil ini tidak akan dihargai (di bawah) 140 ribu yuan (Rp 306 juta). Kami ingin kalian menunjukkan rasa hormat terhadap teknologi canggih yang terpasang di kendaraan,” ucap Lei Jun dilansir dari Reuters.

Dari desas-desus yang tersebar, Xiaomi SU7 versi terendah bakal dijual dengan harga 300 ribu yuan atau setara Rp650 jutaan. Namun perlu diingat bahwa nominal harga tersebut baru sekedar perkiraan atau bocoran saja. 

Gimana, apakah Xiaomi SU7 masuk wishlist kamu untuk mobil listrik impian? Bagi kamu yang kepincut ingin memboyong Xiaomi SU7, harap bersabar sampai mobil listrik ini masuk ke pasar Indonesia. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *