Menanti Nissan Ariya, Mobil Listrik Canggih yang Akan Masuk Indonesia

Bursa mobil listrik Indonesia bakal kedatangan pemain baru ‘Nissan Ariya’. Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) berniat menambah line up kendaraan elektrifikasinya, setelah sebelumnya memasarkan Nissan Leaf dan Nissan Kick di tanah air.

Kabarnya, Nissan Ariya bisa diboyong oleh para penggemar electric vehicle (EV) di Indonesia pada akhir 2024. Sebenarnya Nissan Ariya diperkenalkan pertama kali secara global pada Juli 2020. Kian lama, mobil buatan produsen otomotif asal Jepang ini hadir dengan desain lebih fresh, futuristik, dan teknologi yang semakin canggih.

Sebagai mobil jenis SUV listrik, Nissan Ariya dipastikan bakal menggoda para pecinta mobil sport. Mobil listrik yang satu ini digadang-gadang menjadi saingan dari produk Wuling dan Hyundai yang merajai penjualan terlaris. Mari intip kelebihan dari Nissan Ariya baik dari segi desain dan fitur-fiturnya. 

Spesifikasi Nissan Ariya 

Nissan Ariya termasuk model EV high spesifikasi yang dirancang dengan desain sporty dan teknologi canggih. Mobil buatan Nissan ini berada di kelas lebih tinggi dari Leaf yang sudah masuk ke Indonesia lebih dulu. 

Bagi kamu yang mau beli mobil listrik, mungkin bisa sabar sebentar menunggu Nissan Ariya resmi dijual di Indonesia. Sebagai pertimbangan bagimu yang mengincar SUV listrik ini, tengok sejumlah kelebihan atau keunggulannya berikut.

Desain Futuristik dan Aerodinamis

Salah satu inovasi menarik dari Nissan Ariya adalah pada desainnya. Mobil ini dirancang dengan desain yang aerodinamis dan futuristik. Memiliki bentuk ramping dan minimalis serta sudut tajam, mobil ini akan jadi tunggangan yang berkelas.

Mari mulai dengan desain bagian depan mobil ini. Pada bumper depan dilengkapi dengan grille V-motion khas brand Nissan. Namun ada yang berbeda, yakni sentuhan modern berupa lampu LED yang menyala sepanjang grille. Sementara lampu belakang memakai LED yang membentuk garis horizontal yang menyatu dengan logo Nissan. 

Dari segi ukuran atau dimensi, mobil ini sangat mendukung sebagai family car. Nissan Ariya memiliki panjang 4.595 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.655 mm, serta jarak sumbu roda 2.775 mm. Dengan ground clearance (jarak antar tanah) 200 mm, mobil ini sangat tangguh untuk menerjang berbagai medan. 

Performa Tangguh dan Responsif

Tak hanya memiliki look memikat, Nissan Ariya juga menawarkan performa yang tangguh dan responsif. Kamu diberi dua pilihan baterai, yaitu mobil dengan daya 63 kWh dan 87 kWh. Dengan baterai sebesar itu, kamu bisa mengendarai mobil ini hingga 610 km dalam satu kali pengisian. 

Mobil ini juga hadir dalam dua pilihan penggerak, yaitu 2WD dan e-4ORCE. Nissan Ariya juga memanjakan bagi kamu dengan gaya mengemudi gesit. Mobil ini dibekali dengan tenaga maksimal mencapai 290 kW (394 PS) dan torsi maksimal 600 Nm. Nissan Ariya ini mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam hitungan 5,1 detik. 

Soal kenyamanan menumpang mobil ini, nggak perlu ditanyakan lagi. Nissan Ariya dirancang dengan sistem suspensi yang canggih dengan adanya Active Ride Control. Sistem suspensi ini dapat menyesuaikan pergerakan di berbagai kondisi jalan, sehingga mampu meredam getaran dan goncangan. 

Smart Features dan Teknologi Modern

Fitur utama yang dimiliki Nissan Ariya adalah ProPILOT 2.0 yang dapat mengontrol kemudi, akselerasi, dan pengereman otomatis. Kelebihan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengemudi zaman now.

Lebih hebatnya lagi, sistem ini bisa mengenali situasi lalu lintas di jalan, mulai dari jalur, rambu, dan posisi kendaraan lain. Sistem ini akan memberikan instruksi kepada pengemudi lewat screen dan voice. Tak sebatas itu saja, Nissan Ariya juga menyuguhkan fitur-fitur modern lainnya yang mendukung kemudahan dan kenyamanan saat berkendara. 

Masih ada fitur-fitur berikut ini yang bakal memanjakan kamu sebagai pengemudi Nissan Ariya:

Nisan Intelligent Mobility: Sistem integrasi berbagai teknologi, mulai dari kamera, sensor, radar yang berfungsi sebagai pemberi informasi atau panduan pengemudi.

NissanConnect: Sistem infotainment yang terkoneksi dengan smartphone, smartwatch, hingga asisten suara. Fitur ini menjadi media hiburan, navigasi, dan komunikasi lewat layar sentuh 12,3 inci maupun perintah suara.

Nissan Intelligent Thermal Control: Sistem untuk pengaturan suhu kabin dan batera. Fitur ini bisa meningkatkan efisiensi penggunaan baterai dan kenyamanan penumpang. 

Gimana, apakah Nissan Ariya sudah memantapkan hati Anda sebagai pilihan mobil listrik untuk keluarga maupun sebagai kendaraan pribadi? Mobil SUV listrik ini diperkirakan bakal dibanderol sekitar Rp654 juta hingga Rp1,1 miliar. Perbedaan harga disesuaikan dengan pilihan kapasitas baterai dan penggerak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *