Memilih Jenis Ban Mobil untuk Musim Hujan, Tenang Terabas Jalan Basah

Jalanan yang basah memang jadi tantangan tersendiri bagi pengemudi mobil. Kalau tidak berhati-hati, bisa-bisa ban selip dan laju mobil sulit dikendalikan. Pengemudi jadi nggak bisa bermanuver dan bergerak sat-set karena rawan membahayakan keselamatan. Apalagi saat melintasi jalan berkelok dan tanjakan ataupun turunan. 

Ban mobil menjadi salah satu faktor penting yang menunjang kenyamanan dan keamanan berkendara di musim hujan. Kondisi dan jenis ban mobil akan mempengaruhi laju kendaraan di jalan yang basah dan licin. Pemilik mobil tentunya perlu memilih ban yang kesat (anti selip) dan punya daya cengkeram kuat. 

Ada beberapa jenis ban mobil yang cocok di musim hujan. Demi keamanan dan kenyamanan berkendaraan, pemilik mobil juga perlu tahu tips memilih ban mobil yang tepat sesuai kondisi medan jalan. 

Jenis Ban Mobil yang Cocok untuk Musim Hujan

Pemilihan ban mobil sebaiknya jangan dilakukan secara sembarangan atau asal-asalan. Terlebih ketika kamu menggunakan mobil untuk bepergian di musim hujan dengan kondisi jalan yang berair atau terdapat genangan. 

Sebagai referensi untuk memilih ban mobil, berikut jenis-jenis ban mobil yang dapat diandalkan saat musim hujan:

Ban HT

Salah satu jenis ban mobil yang mendukung untuk pemakaian di musim hujan adalah ban Highway Terrain (HT). Ban mobil ini dirancang khusus untuk pemakaian on road di aspal yang halus maupun semi off road. Ban HT sering digunakan pada mobil MPV, city car, hingga sedan. 

Ban Comfort

Ban comfort adalah jenis ban yang umumnya dipakai pada mobil harian atau daily activity. Ban mobil ini mirip dengan jenis ban HT dari segi fisiknya. Ban comfort terbuat dari bahan karet tebal, sehingga memberikan daya cengkeram yang kuat serta tidak cepat aus. 

Ban comfort atau all season ini juga memiliki ulir yang kecil dan menyebar. Ulir pada permukaan bannya dibuat rapat, sehingga mampu memecah air secara cepat. Ban ini juga memiliki fungsi baik dalam mencegah aquaplaning (kondisi ban kehilangan daya cengkeram) saat di jalan basah. .  

Ban AT

Ban All Terrain (AT) dibuat dengan desain kombinasi ban HT dan Mud Terrain (MT). Jenis ban ini dirancang untuk pemakaian off road maupun on road. Jadi ban ini dapat diandalkan untuk penggunaan di segala musim, baik itu musim hujan maupun panas terik. 

Tips Memilih Ban Mobil untuk Musim Hujan

Setelah mengenali jenis-jenis ban mobil, selanjutnya kamu juga harus tahu tips memilih ban mobil yang tepat. Berikut ini cara memilih ban mobil untuk penggunaan di musim hujan yang wajib dipahami pemilik mobil:

Ban yang Sesuai Anjuran Pabrikan Mobil

Setiap pabrikan otomotif umumnya memiliki standar penggunaan ban untuk mobil buatannya. Antara mobil yang satu dengan mobil lainnya bisa saja memiliki spesifikasi standar ban yang berbeda. 

Panduan ban mobil ini biasanya dapat dilihat dalam buku manual yang diterbitkan oleh pabrikannya. Jadi sebaiknya kamu menggunakan ban yang sesuai dengan standar pabrikan mobil. 

Ban dengan Medium Compound

Tips selanjutnya yang bisa diterapkan oleh pemilik mobil adalah memilih ban dengan medium compound. Kompon ban adalah bahan campuran dalam pembuatan ban. Kompon ini terdiri dari tiga jenis, yaitu soft, medium, dan hard compound

Jika Anda tinggal di wilayah yang memiliki dua musim seperti hujan dan panas, lebih disarankan memilih ban medium compound. Ban jenis ini bersifat tidak terlalu keras, serta motif dan alurnya tidak terlalu rapat. Jadi ban ini dapat diandalkan untuk penggunaan di dua musim.

Ban Motif Bergaris dan Alur Unidirectional

Motif atau alur permukaan ban menjadi bagian penting yang harus diperhatikan saat memilih ban. Jika kamu berkendara di musim hujan, sebaiknya pakai ban mobil yang punya kemampuan memecah air. 

Ban yang aman untuk melintasi jalan basah adalah ban dengan permukaan bermotif garis dan alur jenis unidirectional (searah). Selain itu, pastikan tapak ban punya ketebalan di atas 1,6 mm, void ratio berimbang, serta alur bagian tepi yang lebar dan bermotif banyak. 

Itulah tadi beberapa jenis ban yang bisa kamu pilih supaya lebih nyaman dan aman saat berkendara di musim hujan. Meski sudah mengganti ban yang cocok, namun tetap ingat untuk tidak ugal-ugalan saat mengemudi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *