Melihat Pesona Kia EV9, Mobil Terbaik 2024 Pilihan Wanita 

Para wanita tentunya punya selera tersendiri dalam memilih kendaraan idaman mereka. Mobil listrik Kia EV9 berhasil menjadi juara di hati kaum wanita sebagai mobil terbaik dunia tahun ini. Kia EV9 sukses menyabet penghargaan Women’s Worldwide Car of the Year (WWCOTY) 2024.

Penghargaan WWCOTY merupakan event dalam rangka memperingati hari Perempuan Internasional. Ajang bergengsi ini melibatkan sebanyak 75 wanita jurnalis otomotif dari 52 negara untuk menilai mobil terbaik tahun ini. Dari hasil voting para juri, Kia EV9 keluar sebagai pemenang mengalahkan 63 kandidat lain. 

Ada kriteria-kriteria tersendiri dari juri saat memilih Kia EV9 sebagai pemenang ajang mobil terbaik versi para wanita. Lantas apa sih yang membuat kaum hawa kepincut dengan pesona Kia EV9 mobil listrik buatan Korea Selatan ini?

Alasan Mobil Listrik Kia EV9 Jadi Idaman Para Wanita

Para wanita juri WWCOTY memuji Kia EV9 sebagai kendaraan listrik dengan terobosan baru di kelasnya. Mobil SUV ini dinilai mampu memberikan keserbagunaan tinggi dan penggunaan yang mudah untuk kebutuhan konsumen secara global. 

“Masing-masing finalis memiliki prestasi yang cukup untuk memenangkan trofi. Namun, Kia EV9 unggul dari para pesaingnya karena merupakan kendaraan yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen di mana pun,” ucap Marta Garcia, Executive President of WWCOTY, dilansir dari laman wwcoty.net.

Kia EV9 juga diapresiasi karena menawarkan daya tarik sendiri sebagai mobil modern. Mobil listrik ini dirancang dengan sistem aerodinamika yang luar biasa dan dibekali teknologi canggih. Interior mobil ini didesain untuk memberikan pengalaman yang nyaman bagi pemakaian keluarga atau family car

Tak hanya memikat dari segi desain dan teknologi modern, Kia EV9 juga hadir sebagai mobil yang ramah lingkungan. Para juri dari kalangan wanita juga memuji Kia EV9 sebagai mobil listrik yang memiliki efisiensi energi. Kelebihan ini tentu saja menjadi value sendiri dalam kampanye pelestarian lingkungan yang related dengan era sekarang. 

Spesifikasi Mobil Listrik Kia EV9

Kia EV9 masuk ke Indonesia sejak pertengahan tahun lalu pada event pameran otomotif GIIAS 2023. Indonesia bahkan dipilih sebagai negara pertama untuk debut Kia EV9 di Asia Tenggara. Bukan tanpa alasan, peluncuran mobil ini di tanah air karena melihat pesatnya perkembangan pasar mobil listrik di sini.

Mobil listrik Kia EV9 ini dijual di Indonesia dengan nama EV9 GT-Line. Mobil dari pabrikan Korea Selatan ini dibanderol dengan harga Rp1.975.000.000. Meski masuk jajaran mobil high class, penjualan Kia EV9 di Indonesia mendapat respon positif. Data dari Gaikindo menunjukkan mobil ini sudah laku sekitar 70 unit setelah diperkenalkan ketika pameran GIIAS. 

Berikut ini beberapa spesifikasi mobil listrik Kia EV9 yang bakal membuat kamu terpesona:

Desain Modern dan Gagah

Tak heran jika banyak yang kepincut membeli mobil listrik ini, sebab KIA EV9 memang dibekali dengan spesifikasi unggul. Kia EV9 hadir sebagai mobil yang gagah dan elegan dengan tampilan futuristik. Mobil ini juga tampak tangguh sebagaimana ciri khas mobil model SUV listrik. 

Interior Bergaya Sporty

Masuk ke interior mobil ini, kamu akan disuguhkan dengan bagian kabin yang bergaya sporty. Kia EV9 memiliki kabin dengan dominasi warna hitam berpadu aksen putih gading. Selain itu, dimensi kabin mobil ini juga sangat lapang untuk memberikan kenyamanan pada penumpang. 

Teknologi Parkir Otomatis

Keunggulan lain dari Kia EV9 adalah adanya automation system. Mobil ini telah dirancang dengan teknologi parkir otomatis tanpa kendali dari pengemudi. Sistem otomasi ini bekerja dengan mengandalkan sensor ultrasonik untuk mendeteksi objek. 

Kia EV9 memiliki program Remote Smart Parking Assist 2 (RSPA 2) yang bisa menggerakan mobil ini ke tempat parkir yang ditentukan. Sistem ini mampu bekerja untuk mengendalikan gas, rem, serta perpindahan gigi. Sistem ini juga akan mengaktifkan rem secara otomatis jika mendeteksi adanya objek yang menghalangi. 

Teknologi Driver Assistance

Demi mendukung kenyamanan dan kemudahan mengemudi, KIA EV9 juga dilengkapi dengan teknologi Advanced Driver Assistance Systems (ADAS). Mobil ini memiliki sistem Rear Cross-Traffic Collision Avoidance Assist (RCCA) yang akan mendeteksi objek di sekitarnya. 

Tak hanya itu, mobil ini juga disupport dengan fitur ADAS lain seperti Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Lane Keeping Assist (LKA), dan Intelligent Speed Limit Assist (ISLA). Adanya fitur-fitur tersebut bukan sekadar memberikan kenyamanan, tetapi juga meningkatkan keamanan saat berkendara. 

Kia EV9 juga memiliki fitur Smart Cruise Control berbasis Navigasi dan Highway Driving Assist 2 (HDA 2). Fitur yang terintegrasi dengan sensor hands-on detection (HOD) ini memungkinkan mobil melakukan perpindahan lajur. Selain itu, mobil ini juga memakai platform Electric Global Modular Platform (E-GMP) yang sama seperti EV6 dan Hyundai Ioniq 5. 

Performa Baterai Tingkat Tinggi

Mobil Kia EV9 juga memanjakan penggunanya dengan performa yang mumpuni. Mobil listrik ini didukung dengan baterai generasi keempat Kia yang berkapasitas 99,8 kWH. Baterai tersebut mampu menghasilkan jarak tempuh sejauh 497 Km. Selain itu, mobil ini juga diklaim sanggup berakselerasi dari 0-100 Km dengan waktu hanya 5,3 detik. 

Setelah mengetahui spesifikasi dan keunggulan di atas, sangat wajar jika Kia EV terpilih sebagai mobil terbaik versi wanita. Kia EV9 berhak sombong karena berulang kali meraih penghargaan, mulai dari Car of The Year 2024, kategori ‘Mobil Keluarga’ terbaik ajang Golden Steering Wheel 2023, dan Mobil Mewah di Jerman tahun 2024. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *