Mau Mudik? Ini Aturan Bawa Barang di Sepeda Motor

Bulan Ramadan baru tiba sebentar lagi. Tapi euforianya sudah terasa. Salah satu tradisi yang khas Indonesia di bulan suci ini adalah mudik. Berbagai moda transportasi digunakan untuk mudik. Salah satunya yang populer adalah sepeda motor. Tapi tahukah kamu, bawa barang di sepeda motor itu ada aturannya, lho! Apaan, tuh?

Ruang di Sepeda Motor yang Terbatas

Sobat Oto24, sepeda motor adalah kendaraan yang dirancang memiliki ruang terbatas. Sehingga nggak cocok digunakan untuk mengangkut barang berukuran besar. 

Hanya saja karena sepeda motor adalah kendaraan paling populer dan mudah didapatkan, banyak orang yang memaksakan sepeda motor bekerja di luar kemampuannya. Suatu hal yang sering jadi penyebab kecelakaan. 

Sepeda motor nggak didesain untuk mengangkut barang. Ia dirancang untuk mengangkut orang. Karena barang tak bisa menyesuaikan poisisnya sendiri ketika hendak jatuh. 

Kalau ada barang yang bisa menyesuaikan diri sebelum jatuh dari motor, kok ya serem sekali! 

Kita tentu sering melihat pengendara motor yang membawa muatan berlebihan di jalanan. Misalnya tas, tumpukan kardus, sampai hewan ternak juga ada. 

Orang sering memodifikasi motor kesayangannya agar bisa muat banyak barang. Padahal modifikasi ini tak bisa dilakukan sembarangan, lho. 

Ada banyak faktor yang kudu dipertimbangkan. Seperti keseimbangan, blind spot, dan lain sebagainya. 

Ketika kamu membawa muatan terlalu banyak di motor, risiko kecelakaan jadi meningkat. Bukan cuma kamu, tapi juga pengguna jalan lain. 

Peraturan Pemerintah Tentang Syarat Angkutan Barang pada Sepeda Motor

Jangan salah, pemerintah punya aturan lho, yang mengatur pengangkutan barang di sepeda motor. Yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2014 tengan Angkutan Jalan. 

Berikut syarat teknis angkutan barang pada sepeda motor pada Pasal 10 ayat 4 PP tersebut: 

  1. Muatan memiliki lebar tak lebih dari setang kemudi. 
  2. Tinggi muatan tidak melebihi 900 mm dari atas tempat duduk pengemudi. 
  3. Barang muatan ditempatkan di belakang pengemudi. 

Kalau kamu terpaksa harus membawa barang berukuran besar, pastikan tidak melanggar peraturan tadi, ya. Gunakan tali pengikat yang kuat dan jangan sampai barang bawaanmu menutupi lampu-lampu biar nggak membahayakan. 

Alternatif terakhir, ya, kamu bisa beli box bagasi khusus sepeda motor yang banyak beredar di pasaran. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *