Lewat Sini, Daftar Jalan Tol Fungsional Yang Dibuka Gratis Saat Mudik

Menentukan rute perjalan menjadi salah satu bagian penting dalam persiapan mudik lebaran. Para pemudik biasanya lebih pilih lewat jalan tol untuk jalur yang lebih cepat dan lancar dibanding jalan kota. 

Namun namanya juga momen arus mudik, kemacetan pun tetap tak terhindarkan di jalan tol.  Selain lewat jalan tol umum, pemudik juga bisa menempuh perjalanan melalui jalan tol fungsional. Jalan tol fungsional ini dibuka untuk mengurai kepadatan lalu lintas saat musim mudik. 

Jasa Marga, BUMN yang bergerak di bidang jalan tol, menyiapkan empat ruas jalan tol fungsional. Keempat ruas tol ini memang belum memiliki infrastruktur selengkap jalan tol umum. Namun jalan tol fungsional bisa menjadi alternatif perlintasan bagi pemudik. 

Para pemudik dihimbau agar memanfaatkan jalan tol fungsional untuk membantu mengurangi penumpukan kendaraan di tol umum. Selain itu, jalan tol ini juga dibuka secara gratis alias tidak ada pungutan biaya. Lantas mana saja jalan tol fungsional yang bisa dilewati saat mudik lebaran 2024?

Empat Jalan Tol Fungsional yang Dibuka saat Arus Mudik

Saat musim mudik dan arus balik, biasanya Jasa Marga akan membuka jalan tol fungsional sebagai jalur alternatif bagi pengendara. Lisye Octaviana, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, menyampaikan jalan tol fungsional dioperasikan sebagai langkah mengurai kepadatan lalu lintas. 

Namun Jasa Marga tidak membuka empat jalan tol fungsional ini sepanjang waktu. Ruas tol fungsional hanya dioperasikan sesuai diskresi atau keputusan pihak kepolisian. Pembukaan tol fungsional disesuaikan berdasarkan tingkat kepadatan lalu lintas. 

Berikut ini daftar 4 jalan tol fungsional yang bisa diakses pengendara saat arus mudik lebaran tahun ini:

  • Jalan tol Cipularang Km 99 arah Jakarta menuju Bandung dan arah sebaliknya
  • Jalan tol Palikanci Km 208+150 sampai Km 210+190, dari dua jalur dilakukan penambahan menjadi tiga lajur 2,04 Km
  • Jalan tol Solo-Yogyakarta untuk jalur Colomadu-Ngawen 22,3 Km
  • Jalan tol Jakarta-Cikampek II Selatan untuk jalur Sadang-Kutanegara 8,5 Km (arus balik)

Sejumlah area jalan tol di atas memang dikenal selalu ramai sebagai perlintasan ketika masa lebaran. Para pemudik yang melewati jalur-jalur di atas mungkin bisa mengarahkan mobilnya untuk melintasi jalan tol fungsional. 

Jakarta-Cikampek II Selatan

Pembukaan jalur fungsional ini bertujuan untuk mengurangi beban Tol Jakarta-Cikampek yang sudah sangat sesak. Jalur alternatif ini dibuka untuk mendukung kelancaran lalu lintas arus balik dari Bandung dan sekitarnya menuju arah Jakarta.

Tambah lajur di Palikanci

Jasa Marga bakal menambah satu lajur sepanjang 2,04 Km di jalan tol Palikanci untuk memecah kepadatan lalu lintas. Dari dua lajur, jalan tol ini akan diatur menjadi tiga lajur di Jalan Tol Palikanci KM 208+150 hingga KM 210+190. 

Cipularang KM 99

Jalan tol fungsional di jalur Cipularang juga akan dibuka Jasa Marga bila diminta oleh pihak kepolisian. Jalan tol alternatif yang akan dioperasikan yakni Km 99 Jalan Tol Cipularang dari arah Jakarta atau Bandung.

Solo-Yogyakarta

Jalan tol fungsional juga akan dioperasikan di ruas tol Solo-Yogyakarta. Namun pembukaan jalur alternatif ini baru sebatas 22,3 Km dari Colomadu (Karanganyar) hingga Ngawen (Klaten). Jalur ini tersambung ke Jalan Provinsi Jatinom-Boyolali dan ke Jalan Nasional Yogya-Solo. 

Jadwal pembukaan jalan tol fungsional ini dilakukan pada 5-11 April 2024 untuk arus mudik dan 12-15 April bagi arus balik. Jam operasionalnya mulai dari 06-00 sampai 17-00. Kendaraan yang bisa melewati jalur ini khusus roda empat golongan 1 seperti sedan, pikap/truk kecil, jip, dan kecuali bus. 

Itulah tadi beberapa jalur tol fungsional yang akan dibuka selama arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini. Adanya jalan alternatif tersebut diharapkan dapat mengurai kepadatan lalu lintas, sehingga arus bisa lebih lancar. Bagi kamu yang melintasi area-area tersebut, mungkin bisa melewati jalan tol fungsional. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *