Kelebihan dan Kekurangan Matic Konvensional vs Matic CVT

Setiap teknologi yang diciptakan di dunia ini, sebisa mungkin harus digunakan secara optimal. Tapi ya karena ciptaan manusia, ada kelebihan dan kekurangan yang menyertai. Termasuk memahami kelebihan dan kekurangan mobil matic konvensional dan matc CVT. 

Pada artikel ini Oto24 akan membandingkan kelebihan dan kekurangan masing-masing transmisi matic tersebut. Check this out! 

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matic Konvensional (AT)

1. Daya Tahan Tinggi

Kelebihan transmisi otomatis konvensional yang pertama adalah ketahanannya yang tinggi. Walaupun memiliki sejumlah gigi yang bergerak, sistem ini dirancang agar memiliki daya tahan tinggi terhadap beban dan tekanan berulang. 

Hal ini bikin transmisi otomatis konvensional sebagai pilihan andal. Terutama pada mobil SUV yang digunakan melewati berbagai jenis medan jalan. 

2. Responsif

Ketika driver membutuhkan tenaga ekstra untuk merespon situasi jalan yang mendesak, sistem transmisi otomatis konvensional bisa dengan cepat menyesuaikan perpindahan gigi untuk memberikan daya maksimal. 

Respon instan seperti ini memberikan kendali yang lebih baik bagi driver dalam berbagai situasi berkendara. 

3. Kurang Halus

Pada satu sisi, meskipun menawarkan perpindahan gigi yang cepat, respon mobil matic konvensional kurang halus jika dibandingkan dengan mobil yang menggunakan transmisi CVT. 

Perubahan gigi dapat menghasilkan kesan yang kurang mulus, terutama pada jalanan yang nggak rata atau perubahan kecepatan yang mendadak. 

Kelebihan Kekurangan Mobil Matic CVT

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan mobil matic konvensional, sekarang saatnya Sobat Oto24 mengenal kelebihan dan kekurangan mobil matic CVT. 

Berikut ulasannya: 

1. Efisiensi Bahan Bakar Lebih Baik

Kalau dibandingkan dengan mobil matic bertransmisi AT, mobil matic CVT yang nggak memiliki gigi tetap, bisa menjaga putaran mesin pada tingkat yang optimal. 

Ini bisa menghasilkan efisiensi bahan bakar, terutama saat berkendara di dalam kota. 

2. Penyesuaian Otomatis

Kelebihan mobil matic CVT yang kedua adalah kemampuan menyesuaikan rasio gigi secara otomatis. Hal ini penting untuk merespon berbagai kondisi ketika berkendara. 

3. Performa Kurang Mantap

Mobil matic CVT dianggap nggak bisa memberikan performa yang sebanding dengan model yang konvensional. 

Seringkali CVT malah delay sehingga membuat akseslerasi berkurang. Sebuah hal yang memberikan driving experience kurang menyenangkan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *