Ciri-Ciri Wiper Mobil Harus Diganti

Musim hujan di Indonesia belum menunjukkan tanda-tanda kapan akan berakhir. Bahkan di beberapa daerah, intensitas hujan malah memecahkan rekor yang bertahan sekian lama. 

Di musim hujan seperti ini, ada beberapa hal yang patut diperhatikan, terutama oleh para pemilik mobil. Salah satunya adalah kondisi wiper. 

Fungsi wiper sangat penting karena dapat menyapu air hujan di kaca mobil. Tujuannya jelas, agar pandangan pengemudi tetap baik dan tidak terhalang oleh hujan. 

Ciri-Ciri Wiper Mobil Harus Segera Diganti

Karena terbuat dari karet, maka wiper mobil wajib diganti secara berkala. Berikut adalah tanda-tanda wiper mobil minta ganti: 

1. Sapuan air sudah tidak bersih

Karet wiper yang mulai rusak sudah tidak mampu lagi menyapu air hujan secara maksimal di kaca mobil. Ini bisa dilihat dari banyaknya air hujan yang menempel walau wiper bekerja dengan baik. 

Kalau sapuan wiper di mobilmu sudah tidak bersih, artinya sudah saatnya menggantinya. 

2. Karet wiper mengeras

Karet wiper yang sudah berumur, umumnya akan mengeras dengan sendirinya. Menurunnya tingkat elastisitas karet membuat kemampuan wiper menyapu air jadi berkurang. Sehingga wajib diganti demi keselamatan berkendara. 

Tentu kita semua nggak mau, kan, terjadi insiden di jalananan karena pandangan terganggu sebab wiper yang tidak bekerja dengan optimal? 

Info tambahan, nih, ketika akan mengganti karet wiper mobil, wajib tahu ukuran standar bawaan mobil tersebut, ya. Kalau salah beli dan karet wiper terlalu panjang bisa berabe urusannya. Sedangkan kalau ukurannya kependekan, air hujan tidak tersapu maksimal. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *