Awas Jangan Telat! Ini Ciri-Ciri Oli Gardan Harus Segera Diganti!

Selain oli mesin, oli gardan adalah salah satu jenis oli yang dibutuhkan pada motor matic. Jenis oli yang satu ini berfungsi untuk melicinkan komponen transmisi otomatis. Jadi ketika saling bergesekan, tidak ada komponen yang cepat rusak. 

Kebutuhan oli gardan adalah hal yang membedakan antara motor matic dan manual. Jika motor matic perlu oli gardan, motor manual cuma perlu oli mesin saja. 

Ciri-Ciri Oli Gardan Motor Harus Ganti

Oli gardan juga harus rutin diganti, ya sob! Penggantian oli gardan sendiri biasanya lebih lama dari oli mesin. Sebab tidak mudah rusak seperti oli mesin, yang dipengaruhi sama temperatur mesin. Pokoknya, lebih kuat lah, ya. 

Sebagai pemilik motor, kamu tak boleh lupa untuk rutin mengganti oli gardan. Berikut adalah ciri-ciri oli gardan motor harus diganti: 

1. Muncul Suara Bising

Saat oli gardan motor habis dan sudah waktunya diganti, akan terdengar suara bising yang berasal dari box CVT. Suara yang bikin tidak nyaman siapa saja yang mendengarnya. 

Timbulnya suara bising ini disebabkan fungsi oli gardan sebagai penggerak transmisi otomatis sudah kental atau mulai terlihat encer. 

2. Terasa Getaran Pada Kendaraan

Selain suara bising pada box CVT, ciri-ciri oli gardan perlu diganti juga bisa ditandai dari getaran pada bodi dan stang motor. Seringkali getaran akan terasa kencang ketika kondisi halus. 

Kamu bisa mencoba melewati jalan menurun untuk memastikan getaran akibat kurangnya oli gardan. Sebab saat melewati jalan turunan, getaran akan semakin kencang. 

3. Performa Motor Semakin Menurun

Turunnya performa motor ditandai dengan akselerasi yang melambat atau kecepatan maksimal yang terbatas, terutama saat oli gardan mengalami kebocoran atau kekurangan pelumasan. Komponen-komponen pada motor menjadi rentan aus yang dapat mengakibatkan kerusakan lebih serius pada sistem transmisi.

4. Suhu Gardan Meningkat

Peningkatan suhu atau overheating juga menjadi ciri oli gardan perlu diganti. Hal tersebut karena gardan tidak terlumasi dengan baik, sehingga timbul gesekan antar komponen yang dapat meningkatkan suhu. 

Pada penggunaan normal, oli gardan motor perlu diganti setidaknya tiap 12.000 km atau 12 bulan sekali. Jika motor digunakan untuk keperluan berat, seperti jarak tempuh yang jauh setiap hari, durasi penggantiannya perlu dipercepat lagi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *