Audi Perkenalkan SUV Listrik Pertamanya “Q6 E-Tron1”, Mobil Kelas Premium

Audi akhirnya menghadirkan mobil SUV listrik pertamanya melalui Audi Q6 E-Tron1. Produsen mobil asal Jerman ini mengajak penggemar otomotif untuk mengenal produk Premium Platform Electric (PPE) buatannya ini. 

Selama ini merek Audi memang dikenal dengan mobil kelas atas berharga fantastis. Begitu pula dengan mobil Audi Q6 E-Tron1 akan dibanderol dengan harga selangit, yang sebanding dengan kualitas dan spesifikasinya. 

Dilansir dari situs resmi Audi, dikenalkannya Audi Q6 E-Tron1 ini menandai transformasi perusahaan sebagai penyedia mobil listrik kelas premium. Sebagai pilihan mobil listrik mewah nantinya, mari lihat lebih jauh spesifikasi Audi Q6 E-Tron1 dan harganya.

Spesifikasi Audi Q6 E-Tron1

Mobil Audi Q6 E-Tron1 menampilkan gaya khas SUV Audi dengan bahasa desain E-Tron yang semakin disempurnakan. Sebagai kendaraan listrik (EV) high class, Audi Q6 E-Tron1 dibekali dengan spesifikasi unggul untuk bersaing di kelasnya, seperti: 

Dibekali Baterai Lithium-Ion Teknologi Terbaru

Salah satu komponen penting yang menunjukkan kualitas mobil listrik adalah pada baterainya. Hal ini pun juga menjadi prioritas Audi dalam menawarkan SUV listrik terbaik untuk penggunanya. Audi Q6 E-Tron1 didukung dengan baterai lithium-ion teknologi terbaru. 

Baterai mobil ini terdiri atas dua belas modul dan 180 sel prismatik dengan kapasitas kotor 100 kWh. Berbekal spesifikasi tersebut, Audi mengklaim mobil ini mampu menempuh jarak hingga 625 km. Jadi mobil ini sangat mendukung kebutuhan berkendara jarak jauh. 

Akselerasi dan Performa Tangguh

Audi akan menyediakan Q6 E-Tron1 dalam dua varian model. Keduanya dirancang dengan penggerak semua roda (All Wheel Drive/AWD). Selain itu, akan disusul model-model yang lebih efisien dengan penggerak roda belakang. Mobil ini dipastikan akan memberikan akselerasi handal dan performa yang tangguh untuk menaklukan segala medan.

Pengisian Daya dalam Waktu Cepat

Mobil ini dibekali dengan teknologi 800 volt dan standar kapasitas pengisian daya maksimum 270 kW. Soal kecepatan pengisian daya, Audi Q6 E-Tron1 diklaim menawarkan fast charging. Hingga jarak tempuh 225 km, mobil ini bisa diisi ulang hanya dalam sepuluh menit di stasiun pengisian daya yang sesuai (High Power Charging).

Ketika dalam pengisian daya, State-of-charge (SoC) meningkat dari 10 menjadi 80 persen hanya dalam 21 menit. Kinerja pengisian daya mobil ini sangat mengesankan berkat manajemen termal yang cerdas, berkinerja tinggi, dan prediktif.

Didukung Teknologi Terbaru dan Berkinerja Tinggi

Audi ingin menyuguhkan mobil dengan teknologi termutakhir dan powerfull mengikuti kebutuhan konsumen era sekarang. Audi Q6 E-Tron1 dibekali dengan lima sistem komputer berkinerja tinggi. Dengan dukungan High-Performance Computing Platform (HCP), teknologi mobil ini mampu mengontrol semua fungsi kendaraan. 

Untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan pengendara, sistem HPC mobil ini dapat mengontrol fungsi infotainment hingga mengemudi semi-otomatis. Mobil ini sudah dilengkapi fitur canggih berupa Audi Assistant yang bisa digunakan untuk mengontrol berbagai fungsi pada mobil. 

Teknologi yang terpasang pun bukan kaleng-kaleng. Asisten digital tersebut disupport kecerdasan buatan (AI) yang terintegrasi secara mendalam pada mobil. Untuk pertama kalinya, fitur tersebut ditampilkan menggunakan avatar di layar sentuh. Selain itu, terdapat juga fitur head-up augmented reality yang mampu memahami lebih dari 800 perintah suara.

Dibangun dengan Platform PPE Baru

Sebagai informasi, PPE merupakan divisi teknologi otomotif Audi yang diperuntukkan khusus dalam pengembangan mobil listrik. Divisi tersebut dikembangkan bersama produsen otomotif Porsche, yang juga berasal dari Jerman. 

“Dibangun dengan platform PPE baru, Audi Q6 E-Tron1 adalah lompatan teknologi berikutnya dalam mobilitas listrik premium bagi pelanggan kami,” tutur Gernot Döllner selaku ketua Dewan Manajemen AUDI AG.

Itulah ulasan mobil Audi Q6 E-Tron1 yang menjadi produk SUV listrik pertamanya. Mobil listrik elit ini kabarnya bisa dipesan mulai Maret 2024. Audi Q6 E-Tron1 akan dibanderol dengan harga 74.700 dan 93.800 euro atau di atas 1 miliar rupiah. Gimana, tertarik memiliki mobil listrik dari Audi ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *