8 Aturan Berkendara di Jalan Tol, Jangan Asal Tancap Gas

Adanya jalan tol telah memudahkan pengemudi mobil dalam menempuh perjalan lebih cepat. Tak hanya memangkas waktu perjalanan, jalan tol juga jadi solusi untuk menghindari kemacetan. Tanpa ada lampu merah, persimpangan, dan kendaraan-kendaraan tertentu, rasanya seperti melaju bebas hambatan di jalan tol. 

Meski kondisi jalan tol lebih lengang, bukan berarti kamu bisa mengemudi secara sembarangan. Ada beberapa aturan atau etika yang harus dipatuhi sebagai pengguna jalan tol. Jadi jangan asal ngegas dan menyalip-nyalip meski dalam kondisi buru-buru dan lalu lintas sepi. 

Tujuan dari pemberlakuan aturan di jalan tol adalah untuk menjaga keamanan, ketertiban, dan kenyamanan seluruh pengguna jalan. Jika kamu sering mengakses jalan tol atau berencana lewat jalan tol, maka wajib tahu aturan-aturannya. 

Aturan Berkendara di Jalan Tol

Sama seperti berkendara di jalan umum atau dalam kota, mengemudi di jalan tol juga ada aturannya. Aturan ini tentunya harus kamu ingat jika akan bepergian jauh melewati jalan tol, misalnya perjalanan ke luar kota, pergi liburan, atau mudik ke kampung halaman. 

Berikut ini beberapa aturan berkendara di jalan tol yang perlu kamu ketahui dan terapkan sebagai pengemudi:

Pembayaran Non Tunai di Pintu Tol

Aturan yang satu ini tentunya sudah dipahami oleh para pengemudi. Saat memasuki jalan tol, pengemudi harus melakukan pembayaran di gerbang atau pintu tol. Besaran tarif tol sudah ditentukan sesuai dengan tipe kendaraan. 

Namun saat ini pembayaran di gerbang tol sudah tidak bisa menggunakan uang tunai. Metode pembayarannya harus secara non-tunai menggunakan kartu elektronik, seperti E-Toll Card, Indomaret Card, JakCard, dan e-money dari berbagai bank.  

Mematuhi Batasan Kecepatan

Meski kondisi jalan sedang sepi, sebaiknya jangan kebut-kebutan. Pengguna jalan tol harus mematuhi batas kecepatan yang sudah ditentukan di setiap jalan tol. Seringkali pengemudi tergoda untuk memacu mobilnya dengan kencang. Padahal hal ini bisa membahayakan keselamatan diri sendiri maupun pengendara lain. 

Jadi tetaplah mengemudi secara disiplin dan mengontrol kecepatan mobil kamu. Patuhi setiap rambu-rambu yang terpampang di sisi jalan tol. Saat akan menyalip, jangan lupa selalu memperhatikan keadaan jalan di sekitar mobilmu. 

Nyalakan Lampu Utama di Malam Hari

Jika kamu melintasi jalan tol di malam hari, maka wajib menyalakan lampu utama. Lampu ini berfungsi sebagai penerang jalan dan alat komunikasi dengan sesama pengguna jalan. Selain itu, cahaya dari lampu juga membantu pengemudi dalam melihat rambu-rambu lalu lintas secara jelas.

Melaju di Jalur yang Tepat

Jalan tol biasanya memiliki beberapa jalur, terutama di ruas jalan yang lalu lintasnya padat. Dalam berkendara, pastikan melaju di jalur yang tepat. Apabila ingin berpindah jalur atau menyalip, nyalakan lampu sein sebagai penanda. 

Jika kamu ingin mendahului mobil yang ada di depanmu, gunakan lajur kanan. Lajur kanan memang diperuntukkan bagi kendaraan yang ingin melaju dengan kecepatan tinggi. Selain itu, perhatikan juga tanda dan marka jalan.

Menjaga Jarak Aman dari Mobil Lain

Tetap jaga jarak aman saat kamu mengemudi di jalan tol. Jangan terlalu mepet dengan mobil yang ada di depan atau di belakang mobilmu. Menjaga jarak yang aman akan menghindarkan kamu dari risiko kecelakaan. 

Dilarang Mengemudi Sambil Main Ponsel

Saat sedang mengemudi, fokuslah pada jalan di depan dan laju mobilmu. Hindari mengemudi sambil mainan ponsel. Penggunaan ponsel di jalan tol sangat dilarang karena bisa menimbulkan risiko kecelakaan, terlebih saat berkendara dalam kecepatan tinggi. 

Gunakan Bahu Jalan untuk Keadaan Darurat

Di jalan tol juga terdapat bahu jalan yang digunakan untuk kondisi darurat. Pengemudi dilarang menyalip atau mendahului dari bahu jalan. Bahu jalan ini hanya diperuntukkan jika kamu mengalami kondisi darurat, seperti mogok, kehabisan bensin, dan lainnya. 

Jangan Membuang Sesuatu dari Jendela

Buang sampah sembarangan adalah tindakan yang salah, begitupun saat sedang berkendara di jalan tol. Kebiasaan buruk ini tidak hanya mengotori jalan, namun juga bisa membahayakan pengendara lainnya. Jika ada sampah, sebaiknya kumpulkan dulu di dalam mobil untuk nanti dibuang ketika di rest area atau sampai rumah. 

Itulah beberapa aturan berkendara di jalan tol yang wajib diingat oleh pengemudi. Jangan merasa bebas mentang-mentang sedang di jalan tol yang lancar dan sepi. Jadilah pengemudi yang bijak dan disiplin dalam menggunakan jalan demi keselamatanmu dan pengendara lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *