7 Tips Aman Tidur di Dalam Mobil saat Perjalanan Jauh

Tips aman tidur di dalam mobil (Freepik)

Rasa kantuk kerap menghantui para pengemudi yang menempuh perjalanan jauh. Jika merasa ngantuk ketika lagi nyetir, sebaiknya berhenti buat istirahat. Jangan memaksakan mengemudi dengan mata sayup-sayup karena bisa membahayakan keselamatan. 

Berkendara jarak jauh berjam-jam lamanya memang bikin capek dan muncul rasa ngantuk. Kondisi ini mungkin kamu alami ketika sedang melakukan perjalan luar kota atau mudik ke kampung halaman. 

Jika mata mulai terasa berat, sebaiknya menepikan mobil sejenak untuk istirahat. Cari tempat yang kondusif buat tidur sebentar. Jika malas keluar mobil, kamu bisa rebahan dan memejamkan mata di dalam kendaraanmu. 

Namun masih banyak orang yang merasa takut atau khawatir buat tidur di dalam mobil. Entah takut mobil dibobol atau hal-hal tidak diinginkan lainnya. Jika terpaksa harus istirahat di dalam kendaraan, ada beberapa tips aman tidur di dalam mobil yang perlu kamu tahu. 

Tips Aman Tidur di Dalam Mobil

Tidur di dalam mobil menjadi solusi bagi pengemudi yang mengantuk di tengah perjalanan. Biasanya pengemudi akan berhenti di rest area atau mencari tempat-tempat yang mendukung buat istirahat selama beberapa waktu. 

Namun jika benar-benar ingin memejamkan mata di dalam mobil, jangan tidur secara asal-asalan. Lakukan beberapa tips berikut ini supaya bisa tidur di mobil dengan aman dan nyaman.

1. Memarkirkan Mobil di Tempat yang Aman

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan jika berniat tidur di dalam mobil maka cari lokasi yang aman. Parkirkan mobil di tempat yang sekiranya aman, seperti rest area, halaman masjid, SPBU, restoran, mini market, dan lainnya. 

Memarkirkan mobil di tempat aman dapat meminimalisir risiko pencurian atau pembobolan. Namun ketika parkir kamu juga harus memperhatikan lokasi di sekitar. Pastikan mobilmu tidak mengganggu kenyamanan orang lain. 

2. Hindari Berhenti di Tempat yang Berisiko

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, kamu harus menghindari tempat-tempat yang berisiko. Jangan memarkirkan mobil di tempat sembarangan meskipun kamu sudah mengantuk berat. 

Tahan dulu kantukmu sampai benar-benar ketemu lokasi berhenti yang kondusif. Jangan berhenti di pinggir atau bahu jalan. Posisi ini sangat membahayakan keselamatan dan mengganggu pengguna jalan lainnya, misalnya terserempet atau tertabrak mobil lain. 

Selain itu, hindari juga tempat-tempat seperti hutan, bangunan kosong, atau pinggir taman. Lebih baik jangan parkir di lokasi-lokasi tersebut karena rawan tindakan kejahatan. Apabila kenapa-kenapa atau ada orang mencurigakan, kamu akan kesulitan meminta pertolongan. 

3. Usahakan Mencari Tempat Teduh

Saat mencari tempat pemberhentian, usahakan parkir di tempat yang teduh. Jika kamu beristirahat di waktu siang, paparan matahari bisa masuk ke dalam mobil dan bikin terasa panas. Supaya nggak kepanasan saat tidur, carilah lokasi berhenti di bawah pohon atau tertutup atap.

4. Simpan Barang Berharga di Tempat Tersembunyi

Sebelum memejamkan mata, pastikan menyimpan barang berharga di tempat yang aman. Letakan barang-barang penting seperti tas, dompet, laptop, ponsel, dan uang di lokasi yang tersembunyi. Misalnya menaruh di bawah jok atau laci mobil. Kosongkan semua barang di dashboard karena bagian ini mudah dipantau dari luar. 

5. Matikan Mesin dan AC

Ada banyak kasus penumpang mobil meninggal karena tidur di dalam dengan keadaan AC menyala. Demi menghindari hal buruk tersebut, sebaiknya matikan mesin mobil dan AC sebelum tidur. 

6. Buka Jendela Sedikit 

Jika AC sudah dimatikan, selanjutnya kamu perlu membuka jendela namun sedikit saja. Kamu bisa menurunkan jendela dengan celah tidak lebih dari dua jari. Paling tidak, cukup buat sirkulasi atau pergantian udara yang masuk ke dalam mobil. 

7. Kunci Semua Pintu

Jangan  lupa untuk mengunci pintu sebelum berbaring dan terlelap di dalam mobil. Periksa seluruh pintu mobilmu dan pastikan semuanya sudah terlock demi menjaga keamanan dirimu dan barang-barang bawaan.

Itulah tadi beberapa tips aman tidur di dalam mobil yang bisa kamu terapin saat perjalanan jauh atau mudik ke kampung halaman. Nggak masalah jika kamu mau tidur di dalam mobil, asalkan memperhatikan beberapa hal di atas demi keselamatan dan keamanan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *