6 Tips Mudik Membawa Anak Kecil, Nyaman dan Nggak Rewel

Mudik lebaran menjadi momen yang dinantikan para keluarga yang tinggal di kota-kota besar atau jauh dari tanah kelahiran. Sebagai orang tua, pastinya kamu ingin mengajak anak merayakan Idul Fitri di kampung halaman. Rasanya membahagiakan ketika mengenalkan dan mempertemukan si kecil dengan kakek-neneknya atau sanak saudara. 

Namun mudik membawa anak kecil memang menjadi tantangan tersendiri. Apalagi bagi pasangan yang baru pertama kali punya anak. Menempuh perjalanan jauh bersama buah hati memang bukan perkara mudah. Berbeda dengan orang dewasa, anak-anak seringnya gampang rewel atau tantrum ketika di perjalanan. 

Jika kamu berniat mudik mengajak anak, pastikan untuk mempersiapkan rencana perjalanan sebaik mungkin. Baik itu persiapan kendaraan, perlengkapan, hingga mental kamu dan pasangan. Biar kamu nggak bingung dan kerepotan saat di jalan, simak panduan mudik aman bersama anak. 

Tips Mudik Bersama Anak kecil

Mudik bersama anak yang masih kecil memang memerlukan persiapan ekstra. Tentunya kamu nggak ingin perjalanan mudik diwarnai dengan tingkah rewel si kecil yang terkadang merepotkan. Apalagi jika lokasi tujuan mudik kamu sangat jauh dan memakan waktu berhari-hari. 

Orang tua perlu menerapkan penanganan dan perhatian khusus saat membawa anak mudik. Berikut ini beberapa tips mudik aman dan nyaman bersama anak yang bisa kamu lakukan.

Cek Kondisi Kendaraan

Persiapan pertama yang wajib kamu lakukan sebelum mudik adalah mengecek kondisi kendaraan. Hal ini sangat penting kamu lakukan baik mudik bersama anak maupun tanpa adanya anak kecil. Pastikan kendaraan yang akan kamu gunakan untuk perjalanan jauh dalam kondisi yang prima dan tidak bermasalah. 

Bawa mobil kamu ke bengkel untuk diperiksa dan diservice. Beberapa komponen yang harus dicek yakni seperti performa mesin, ban, kondisi oli, rem dan kopling, serta bagian-bagian lainnya. Jangan lupa membawa peralatan otomotif darurat, seperti dongkrak, pembuka ban, dan lainnya. 

Perhatikan Kesehatan Anak

Saat akan mudik bersama anak, pastikan kesehatan buah hati dalam kondisi yang baik atau fit. Kamu bisa memeriksakan anak ke puskesmas atau dokter terlebih dahulu beberapa hari sebelum tanggal keberangkatan. 

Apabila si kecil lagi nggak sehat, pertimbangkanlah untuk menunda keberangkatan. Jangan memaksakan berangkat mudik jika anak sedang sakit. Sebaiknya kamu mengubah jadwal keberangkatan mudik sampai kesehatan buah hati membaik. 

Menentukan Waktu Keberangkatan

Sebaiknya kamu mempertimbangkan waktu keberangkatan saat mudik bareng anak. Apakah kamu ingin melakukan perjalanan di siang atau malam hari. Perjalanan yang dilakukan saat siang biasanya dihadapkan dengan kemacetan dan cuaca panas. Kondisi ini seringkali bikin anak nggak nyaman dan akhirnya rewel. 

Jadi kamu bisa mempertimbangkan untuk perjalanan di malam hari. Namun kamu juga harus berhati-hati saat berkendara di malam hari karena jalanan gelap. Selain itu, pastikan juga kamu tetap fokus dan nggak ngantuk saat mengemudi. 

Bawa Perlengkapan P3K

Meski si kecil dalam kondisi sehat saat akan berangkat mudik, sebaiknya kamu juga bawa perlengkapan P3K. Masukkan kotak P3K ke dalam mobil buat berjaga-jaga jika keluargamu mengalami masalah kesehatan di tengah perjalanan. 

Beberapa perlengkapan P3K yang perlu kamu bawa mudik, yaitu seperti perban, kain kompres, cairan antiseptik, dan lainnya. Selain itu, pastikan juga untuk membawa obat-obatan sesuai kebutuhan keluargamu. 

Bawa Perlengkapan Bepergian Khusus Anak

Perlengkapan yang dibawa saat mudik bersama anak tentunya akan berbeda dan bertambah banyak. Kamu dan pasangan harus membawa perlengkapan bepergian khusus anak. Masukkan barang-barang yang diperlukan si kecil, seperti mainan, selimut, cemilan, buku atau komik, dan sebagainya. 

Apabila buah hati kamu masih berusia balita, maka wajib membawa perlengkapan khusus. Sejumlah perlengkapan yang perlu kamu bawa seperti popok, tisu basah, car seat, peralatan MPASI, dan lainnya. 

Atur Waktu Istirahat di Tengah Perjalanan

Perlu diingat bahwa ketahanan fisik anak-anak berbeda dengan orang dewasa. Saat kamu berkendara jauh bersama anak, sebaiknya atur waktu untuk istirahat di perjalanan. Orang dewasa aja butuh istirahat biar nggak bosan dan lelah di jalan, apalagi bagi anak kecil. 

Cari tahu lokasi rest area terdekat atau tempat-tempat yang memungkinkan buat istirahat. Kamu bisa memanfaatkan waktu istirahat buat meregangkan tubuh, beribadah, mengajak anak makan, cuci muka, tidur sebentar, dan aktivitas lainnya. 

Gimana, setelah baca sejumlah tips di atas pastinya kamu makin siap untuk mudik bersama anak. Perjalanan mudik sebenarnya menjadi kesempatan buat meningkatkan rasa kekeluargaan dan mengenalkan pengalaman baru kepada si kecil. Namun pastikan kamu mempersiapkan rencana perjalanan dengan well prepared atau sebaik mungkin. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *