6 Cara Ngerem Motor Matic di Turunan

Motor matic adalah kendaraan roda dua yang paling populer saat ini. Hampir setiap orang menggunakan motor tanpa gigi sebagai penunjang mobilitas utama. Namun tak semua orang belum paham bagaiman teknik mengerem motor matic yang benar dan aman. 

Cara ngerem yang salah dapat memberikan dampak negatif pada kondisi motor.  Hal yang palin parah, bahkan bisa mengakibatkan kecelakaan. Terutama di jalanan menurun. 

Apa sih, Penyebab Kecelakaan Motor Matic? 

Faktor yang banyak berkontribusi pada kecelakaan yang melibatkan motor matic adalah penggunaan rem yang berlebihan di jalanan menurun. Berikut adalah teknik mengerem motor matic yang benar di turunan: 

Teknik Ngerem Motor Matic yang Benar di Turunan

Turunan adalah tanjakan yang dibalik. Untuk menghindari risiko kecelakaan di jalanan menurun, berikut adalah cara ngerem motor matic yang benar di turunan: 

1. Pastikan Rem Berfungsi Normal

Tips pertama adalah memastikan rem pada motor matic berfungsi normal. Tugas pengendara adalah memastikan tak ada bagian rem yang aus atau rusak. Selain itu, periksa juga kadar cairan rem. Jika kadar cairan rem terlalu rendah, tambahkan cairan rem baru sesuai saran penggunaan. 

2. Gunakan Perlengkapan Keamanan Lengkap

Sebagai pengendara motor, kamu harus menggunakan safety gear atau perlengkapan keamanan yang lengkap. Beberapa safety gear yang harus bin wajib digunakan antara lain, helm, jaket, sarung tangan, dan alas kaki yang sesuai. 

3. Jaga Kecepatan

Mempertahankan kecepatan sesuai medan jalan adalah keharusan agar aman saat melalui medan menurun. Saat menuruni medan jalan, gravitasi akan menambah kecepatan kendaraan secara alami. Oleh karena itu, penting untuk mengendalikan kecepatan kendaraan untuk menghindari kecelakaan dan mempertahankan kendali.

4. Gunakan Kedua Rem

Saat melakukan pengereman di jalan menurun, gunakan rem depan dan rem belakang secara bergantian atau bersamaan. Kombinasi pengereman seperti ini dapat mempercepat proses pengereman jadi lebih stabil dan mudah berhenti. 

5. Gunakan Rem Depan di Jalanan Menurun

Saat mengerem di jalanan menurun, tekan tuas rem depan. Karena rem depan dapat menahan daya dorong motor ke arah depan. 

Ketika melintas di turunan, daya dorong motor jadi lebih besar. Rem depan berperan untuk menahan laju motor tersebut. 

6. Perhatikan Posisi Tubuh

Ketika akan melakukan pengereman, pastikan posisi badan sedikit tegak, pandangan lurus ke depan, bahu dan pegangan motor dalam kondisi yang rileks. Gunakan jari tangan dengan kekuatan yang cukup. 

Itulah tadi cara ngerem motor matic di turunan. Semoga artikel ini bisa membantu, ya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *