25 SPKLU di Jalan Tol Jakarta hingga Surabaya, Mana Saja Lokasinya?

Pemilik mobil listrik bisa mudik dengan tenang tanpa mencemaskan lokasi pengisian daya. Biasanya pengemudi mobil listrik ragu menggunakan kendaraannya untuk menempuh perjalanan jauh karena khawatir kesulitan menemukan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Hal tersebut kini bukan jadi masalah karena PT. Jasa Marga menyediakan 25 titik SPKLU. 

PT. Jasa Marga, sebagai BUMN bidang jalan tol, membangun SPKLU di sejumlah ruas tol. Adanya SPKLU ini bisa dimanfaatkan oleh para pemudik yang mengendarai mobil listrik untuk pulang kampung. 

Jumlah SPKLU di berbagai jalan tol tersebut telah bertambah, dari yang sebelumnya cuma 17 stasiun pengisian kini menjadi 25 ungkap Marga Lisye Octaviana, Corporate Communication & Community Development Group. Sebanyak 25 SPKLU tersebut tersebar mulai dari Jakarta hingga Surabaya. 

“Jadi sebenarnya bisa dicoba untuk pengguna kendaraan listrik yang ingin melakukan perjalanan mudik maupun balik bisa direncanakan, ada titik-titiknya tersebar mulai dari Jakarta sampai dengan Surabaya,” ucap Marga Lisye dilansir dari Antara.

Tersedia SPKLU di Setiap 71 Kilometer

Penambahan SPKLU di berbagai lokasi ini dilakukan seiring meningkatnya jumlah pengguna mobil listrik di Indonesia. Marga Lisye mengungkapkan bahwa pengendara jalan tol yang menggunakan SPKLU pun semakin banyak. 

Jika dulu pemilik mobil listrik masih ragu memacu kendaraannya untuk perjalanan luar kota, kini sudah bukan jadi masalah. Adanya SPKLU di berbagai jalan tol membuat pengendara lebih berani menggunakan mobilnya untuk jarak jauh melalui jalan tol. 

Bertambahnya SPKLU ini tentu saja membawa kabar baik bagi calon pemudik untuk lebaran 2024. Khususnya bagi para pemudik yang melintasi jalan tol Trans Jawa. Sebelum melakukan perjalanan pulang kampung, pengemudi bisa merencanakan titik pengisian daya baik untuk arus mudik maupun arus balik. 

Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyebutkan bahwa tersedia setidaknya 1 SPKLU setiap 71 kilometer di jalan tol Trans Jawa. Supaya perjalanan mudik bisa berjalan lebih lancar, pemudik diimbau untuk selalu memperhatikan tingkat dayanya dan lokasi SPKLU terdekat. 

Kamia Handayani, EVP of Energy Transition & Sustainability PLN, menyampaikan bahwa pengemudi mobil listrik bisa berkendara dengan lebih tenang dan aman. Meski mobilnya cuma punya daya tempuh sejauh 100 kilometer, semestinya masih bisa menjangkau SPKLU di jalan tol Trans Jawa. 

“Artinya kalau range kendaraannya 100 km saja itu sudah InsyaAllah sebelum habis sudah bisa terisi,” tutur Kamia Handayani.

Daftar SPKLU di Jalan Tol Jakarta sampai Surabaya

Berikut ini daftar lokasi SPKLU yang tersebar sepanjang jalan tol Jakarta hingga Surabaya yang perlu dicatat pemilik mobil listrik:

  1. Tol Jagorawi terdapat 2 SPKLU
  2. Tol Jakarta-Tangerang terdapat 1 SPKLU
  3. Tol Jakarta-Cikampek terdapat 3 SPKLU
  4. Tol Cipularang terdapat 2 SPKLU
  5. Tol Palikanci terdapat 2 SPKLU
  6. Tol Batang-Semarang terdapat 3 SPKLU
  7. Tol Semarang-Solo terdapat 1 SPKLU
  8. Tol Solo-Ngawi terdapat 6 SPKLU
  9. Tol Ngawi-Kertosono terdapat 4 SPKLU
  10. Tol Surabaya-Mojokerto terdapat 1 SPKLU

Cara Mencari Lokasi SPKLU

Tak perlu bingung saat berada di luar kota atau daerah asing menggunakan mobil listrik. Kamu bisa mencari lokasi SPKLU di sekitar tempatmu berada secara mudah. Langkah ini bisa kamu lakukan menggunakan aplikasi Charge.IN. 

Charge.IN merupakan aplikasi yang disediakan oleh PLN dan bisa diunduh di Play Store maupun App Store. Apabila sudah menginstal aplikasi ini, kamu perlu melakukan pendaftaran dengan email aktif dan lakukan aktiviasi dengan kode yang dikirim lewat email. 

Cara untuk mencari lokasi SPKLU cukup dengan masuk ke aplikasi ini. Kemudian klik opsi “Lokasi SPKLU”. Lalu klik pada bagian “Filter”. Selanjutnya tinggal pilih lokasi yang ingin dicari. Nantinya akan ditampilkan informasi lokasi SPKLU di wilayah lokasi yang kamu pilih tersebut. 

Itulah daftar lokasi 25 SPKLU di jalan tol Jakarta hingga Surabaya. Informasi ini penting untuk diingat para pemudik yang mengendarai mobil listrik, khususnya bagi yang melintasi tol Trans Jawa. Gimana sudah tidak ragu lagi kan buat mudik bersama keluarga pakai mobil listrik kesayanganmu? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *