10 Mobil Listrik Terlaris Februari 2024, Wuling di Posisi Puncak

Peminat kendaraan listrik (EV) di Indonesia semakin meningkat seiring berjalannya tahun. Para produsen otomotif pun berebut untuk menggaet konsumen mobil listrik di tanah air. Sebut saja merek-merek seperti Wuling, Hyundai, Kia, dan sebagainya sering berseliweran di jalan. 

Melihat semakin banyak yang tertarik memiliki mobil listrik, pangsa pasar EV pun makin kompetitif. Lantas apa saja mobil listrik terlaris di Indonesia saat ini? Sudah sebanyak ribuan unit mobil listrik yang terjual di awal tahun 2024. 

Dalam beberapa waktu belakangan, berbagai produk mobil listrik pun silih berganti masuk ke Indonesia. Kedepannya juga bakal ada pendatang baru yang turut meramaikan pasar mobil listrik. Mari simak apa saja deretan mobil listrik yang menjadi best seller.

Ranking Mobil Listrik Terlaris di Indonesia Februari 2024

Urutan pertama mobil listrik yang laku keras pada Februari tahun ini dimenangkan oleh Wuling Air EV. Mobil mungil dari Wuling ini berhasil mencatat distribusi sebanyak 451 unit. Hebatnya lagi, perusahaan otomotif asal China ini juga mengamankan posisi kedua dengan produk Wuling BinguoEV. 

Ada yang mengejutkan dari persaingan mobil listrik bulan lalu. Chery Omoda E5 berhasil menyusul di posisi tiga dengan data penjualan wholesales sebanyak 273 unit. Di urutan selanjutnya ada dua mobil listrik dari MG. Mobil MG ZS EV dan MG 4 EV merebut posisi keempat dan kelima sebagai EV best seller

Langsung saja, berikut ini daftar 10 mobil listrik terlaris di Indonesia selama bulan Februari 2024:

  • Wuling Air EV: terjual 451 unit
  • Wuling BinguoEV: terjual 428 unit
  • Chery Omoda E5: terjual  273 unit
  • MG ZS EV: terjual 108 unit
  • MG 4 EV: terjual 76 unit
  • Hyundai Ioniq 5: terjual 34 unit
  • Neta V: terjual 20 unit
  • DFSK Gelora E: terjual 12 unit
  • Kia EV9: terjual 10 unit
  • BMW iX: terjual 7 unit

Penjualan Wuling BinguoEV Sempat Menurun

Jika melihat data penjualan mobil listrik di bulan Februari tahun ini, memang sedikit menurun dibandingkan pada bulan Januari. Salah satu produk yang penjualannya melandai adalah Wuling BinguoEV. Meski berhasil menempati urutan kedua sebagai mobil listrik terlaris, distribusi Wuling BinguoEV tak sekencang bulan sebelumnya. 

Penjualan Wuling BinguoEV pada bulan Febaruari hanya sekitar 400-an unit. Padahal di bulan sebelumnya mobil ini berhasil laku sebanyak ribuan unit. Bisa dibilang penurunannya cukup drastis karena hampir setengah dari persentase penjualan bulan sebelumnya. 

Sementara itu, Wuling Air EV yang lebih dulu masuk ke Indonesia sukses merajai penjualan untuk pasar mobil listrik. Mobil listrik yang imut ini pertama kali diluncurkan di tanah air pada tahun 2022 lalu. Sementara generasi terbarunya yaitu Wuling BinguoEV baru saja masuk ke sini pada Desember 2023. 

Data penjualan mobil listrik ini diambil dari data wholesales (distribusi pabrik ke dealer) yang diumumkan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Data tersebut menunjukkan Wuling Air EV kembali berada di puncak klasemen mobil listrik terlaris di Indonesia. 

Wuling Air EV berhasil menorehkan penjualan sebanyak 451 unit. Sementara adiknya, Wuling BinguoEV, lebih sepi peminat dibandingkan bulan lalu. Distribusi yang merosot untuk mobil ini dikaitkan dengan banyaknya hari libur di bulan Februari. Bayangkan penurunannya mencapai setengahnya, di mana pada Januari terjual hingga 1.876 unit sedangkan bulan setelahnya hanya sebanyak 428 unit. 

Itulah jajaran mobil listrik terlaris di Indonesia selama bulan Februari 2024. Jika dilihat dari daftar di atas, perebutan konsumen mobil listrik di tanah air mostly didominasi merek otomotif asal China. Gimana, apakah kamu termasuk salah satu pemilik mobil-mobil di atas atau berencana membelinya? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *